Cara Menyalurkan Kemarahan Anak

31st Mar 2015
2658FB08 | 0812 7598 8878 Cara Menyalurkan Amarah Anak

2658FB08 | 0812 7598 8878 | Cara Menyalurkan Kemarahan Anak

Beberapa orang dewasa pasti sulit untuk menahan emosi saat terjadi sesuai , khususnya orang para orang tua yang selalu di buat pusing Buah hati nya , tapi itu lah anak anak mereka memang selalu aktif , dan sangat penasaran hal baru . walaupun anak anak pasti juga bisa merasa marah atau kalau bahasa anak anak nama nya merajuk 🙂

usia anak anak , tidak bagus jika anak di didik dengan cara di marah marah juga , alangkah bagus nya jika saat anak bunda marah atau ngambek , bunda harus bisa menyalurkan marah mereka atau ngambek nya itu ke hal yang lebih positif

  1. Ajak Anak Untuk Bermain

Perilaku anak ketika marah terkadang sulit untuk dikendalikan. Berlari-lari, mengganggu orang lain bahkan mencari perhatian orangtua adalah cara yang selalu mereka lakukan untuk menunjukan kemarahannya. Namun ketika orangtua memahami dan mampu mengalihkan amarah anak pada sesuatu yang anak senangi akan bermanfaat untuk menyalurkan amarahnya. Ketika perilaku buruk mulai dinampakan, sebaiknya jangan memarahinya didepan umum, hal ini malah akan membuatnya beraksi lebih aktif. Ajaklah anak untuk bermain dengan mainan kesukaannya atau hal yang baru saja dijumpainya. Dengan begitu perhatian anak akan teralihkan dan perlahan amarahnya tersebut akan teredam dan terlupakan.

  1.  Izinkan Anak Menampilkan Ekspresi Kemarahan Dengan Baik

Bila anak marah, izinkan mereka untuk mengungkapkan emosi  dengan baik, misalkan menampilkan wajah marah sambil berkata ‘aku marah’. biarkan mereka melakukan hal itu, hal ini lebih baik daripada membiarkan anak menyalurkan kemarahannya dengan berteriak teriak apalagi memukul-mukul orang yang menjadi sumber kemarahannya.

  1.  Mintalah Anak Mengungkapkan Alasan yang Membuatnya Marah dan Berilah Alternatif

Terkadang orangtua tidak menyadari sebenarnya hal apa yang membuat anaknya marah. Tanpa mereka sadari hal yang dianggap biasa bisa memicu kemarahan anak. Seperti salah memilihkan kaus kaki dengan warna kesukaannya atau lupa menjemputnya disekolah. Ketika hal ini terjadi biasanya anak akan tiba-tiba marah dan cemberut. Untuk itu, mintalah anak untuk mengungkapkan apa yang membuatnya kesal, ketika anak berhasil mengungapkan alasannya, tindakan selanjutnya yang bisa anda lakukan adalah minta maaf dan memberikannya alternatif lain dengan berjanji membelikan kaus kaki dnegan warna kesukaannya.

  1.  Ajaklah Anak Melakukan Keganaktan Fisik yang Disenanginya

Ajaklah anak bermain bola, berenang, bersepeda dan melakukan kegiatan lain yang anak senangi. Hal ini sebagai media pelampiasan ketika emosinya muncul. Hanya saja, jangan pernah membiarkan anak menyalurkan emosinya sendirian, salah-salah anak bisa melakukannya secara bertubi-tubi seperti mengayuh sepeda sekencang-kencangnya yang membuatnya terjatuh. Dengan demikian untuk menjaga keselamatannya, tetap selalu dampingi anak.

2658FB08 | 0812 7598 8878 Cara Menyalurkan Amarah Anak

2658FB08 | 0812 7598 8878 Cara Menyalurkan Amarah Anak

2658FB08 | 0812 7598 8878 Cara Menyalurkan Amarah Anak

2658FB08 | 0812 7598 8878 Cara Menyalurkan Amarah Anak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *